Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Menghitung Eritrosit


Menghitung sel eritrosit


Darah diencerkan dalam pipet eritrosit, kemudian dimasukkan ke dalam kamar hitung. Jumlah eritrosit di hitung dalam volume trtentu; dengan menggunakan angka faktor konversi jumlah eritrosit per micro liter darah dapat diperhitungkan.
Sebagai larutan pengancer dipakai laritan Hayem; natriumsulfat (berair kristal) 5 g; natriumchlorida 1 g; aquadest ad 200 ml. Juga boleh dipakai larutan Gowers; natriumsulfat 12,5g; asam asetat glasial 33,3ml; aquadest ad 200 ml. Saringlah larutan-larutan sebelum memakainya.

Cara:
A.    Mengisi pipet eritrosit
Darah dihisap sampai tanda 0,5 dan larutan pengencer sampai garis-tanda 101.
B.     Mengisi kamar hitung
1.      Letakkan kamar hitug yang bersih benar dengan cara penutupnya terpasang mendatar diatas meja.
2.      Kocok pipet yang telah diisi selama 3 menit, jangan sampai ada cairan terbuang.
3.      Buang 3-4 tetes dan segera sentuhkan ujung pipet dengan sudut 300 pada permukaan kamar hitung dengan menyinggung pinggir kaca penutup. Biarkan kamar hitung terisi perlahan-lahan dengan daya kapilaritasnya sendiri.
4.      Biarkan kamar hitung selama 2 atau 3 menit supaya eritrosit mengendap. Jika tidak dapat dihitung segera, simpanlah kamar hitung itu pada cawan petri tertutup yang berisi segumpal kapas basah.

C. Menghitung jumlah sel
1.      Turunkan lensa kondensor atau kecilkan diafragma, meja mikroskop harus dalam sikap rata air.
2.      Aturlah fokus terlebih dahulu dengan memakai lensa obyektif 10x, kemudian lensa diganti dengan lensa obyektif 40x sampai garis-garis bagi dalam bidang besar tengah jelas nampak.
3.      Hitunglah semua sel eritrosit yang terdapat dalam 5 bidang yang tersusun dari 16 bidang kecil, umpamanya pada keempat sudut bidang besar ditambah yang di tengah-tengah. Cara menghitung sel sama seperti manghitung sel leukosit, yaitu mulai dari kiri ke kanan kemudian dari kanan ke kiri, dst. Kepastian untuk menghitung atau tidaknya eritrosit yang menyinggung garis batas sama juga seperti untuk leukosit.

D. Perhitungan
Pengenceran dalam pipet eritrosit ialah 200 kali. Luas tiap bidang kecil 1/400mm2, tinggi kamar hitung 1/10mm, sedangkan eritrosit dihitung 5X16 bidang kecil= 80 bidang kecil, yang jumlah luasnya 1/5mm2.

Catatan:
Pengenceran yang lazim dipakai untuk menghitung jumlah eritrosit ialah 200 x; tetapi menurut keadaan (eritrositosis atau anemia) dapat diubah sesuai dengan keadaan itu. Untuk mengecilkan kesalahan tehnik haruslah sekurang-kurangnya 400 eritrosit dihitung dalam kamar hitung.
Tindakan menghitung eritrosit dengan kamar hitung jauh lebih sukar dari pada menghitung leukosit, ketelitian untuk orang yang cermat bekerja dan yang telah mahir adalah kurang lebih 15%. Orang ceroboh yang tidak berpengalaman mungkin membuat kesalahan lebih dari itu.

Kesalahan- kesalahan pada tindakan menghitung eritrosit:
Pada umumnya sama seperti yang telah diterangkan pada tindakan menghitung leukosit. Satu kesalahan khusus yang sering dibuat adalah menghitung jumlah eritrosit dengan lensa obyektif 10x, sehingga sangat tidak teliti hasilnya.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Blogger mengatakan...

If you're trying to lose fat then you certainly have to jump on this brand new custom keto meal plan.

To create this service, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs have joined together to develop keto meal plans that are efficient, decent, economically-efficient, and delicious.

From their first launch in early 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and health with the benefits a good keto meal plan can give.

Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan.

Posting Komentar